Siapa bilang jika orang yang sudah lanjut usia hanya tinggal bersantai-santai dan menikmati hidup tanpa perlu beraktifitas dan berolahraga?

Lansia

Olahraga Yang Aman Untuk Lansia

Nyatanya pemikiran tersebut tentu salah, seharusnya orang yang sudh lanisa tentunya harus aktif berolahraga dengan berolahraga tentunya Anda tidak akan mengalami resiko yang terlalu besar terserang penyakit kronis, lansia yang aktif dan memiliki aktivitas yang cukup juga lebih kecil menderita gangguan kognitif, fungsi fisik dan mentalnya juga bisa dibilang lebih baik daripada yang lainnya yang hanya duduk manis dirumah tanpa berolahraga.
Dalam memilih olahraga pun untuk seorang lansia tentu harus yang aman dan tidak terlalu berat untuk dilakukan. Biasanya untuk para lansia disarankan olahraga yang ringan seperti jalan-jalan santai setiap pagi dan rutin dilakukan. Kenapa harus memilih olahraga yang aman? Karena seiring dengan pertambahan usia, kondisi fisik pada dasarnya semakin menurun, gangguan kesehatan seperti osteoporosis pasti dirasakan, ketika itu sdah dialami melakukan kegiatan apapun semakin sulit. Bahkan untuk melakukan aktivitaspun terkadang sangat sulit. Lalu apa saja sih yang aman untuk dipilih oleh orang yang sudah lanjut usia, simaklah poin-pont dibawah ini.

5 Jenis olaharga yang aman untuk Lansia

1. Aerobik
Olahraga aerobic ini dapat membantu orang-orang lanjut usia dalam membakar kalori dan mampu menurunkan kadar kolestrol dan juga tekanan darah. Selain itu, Gerakan yang dilakukan dalam senam ini sangat baik untuk menjaga kesehatan sendi, menjaga kesehatan jantung dan mampu menambah stamina. Namun, bagi Anda yang baru memulai olahraga ini bisa melakukan dengan sesi pendek terlebih dahulu sekitar 5 samapi 10 menit dalam beberapa sesi lakukanlah secara rutin dan teratur. Namun bagi Anda yang sudah terbiasa sebiknya waktu dalam berolahraga taingkan menjadi 30 menit, dengan senam aerobic Anda bisa menurnkan resiko yang sering di derita oleh orang yang berumur 50 tahun keatas yaitu osteoporosis.

2. Jalan Cepat
Ketika memilih berolahraga joging dan dirasa tidak sanggup menjalankannya, sebaiknya Anda harus memilih olahraga jalan cepat, berolahraga alternative dengan jalan cepat tidak terlalu sulit untuk dilakukan juga tidak memberatkan untuk dijalankan. Selain ringan untuk dijalankan olah raga ini juga aman untuk para lansia, memiliki manfaat yang bisa membantu membangun ketahan tumbuh dan stamina.
3. Peregangan
Memilih berolahraga peregangan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk para lorang-orang yang sudah tua. Cara yang mudah dan tidak memberatkan sangat cocok untuk orang-orang yang tidak bisa berjalan jauh, pergerakannya hanya dengan cukup meregangkan sebagian anggota tubuh seperti, tangan, leher, pinggul dan kaki.

4. Senam Lansia
Senam lansia biasanya dilakuan siang maupun sore hari, senam lansia ini banyak sekali manfaatnya yang bisa Anda rasakan ketika memilih senam ini. Diantaranya meningkatkan kinerja otot jantung, meminimalisir resiko sakit jantung, menurunkan resioko tekanan darah tinggi, menurunkan resioko diabetes, menjaga kesehatan tulang dan sendi dan mampu membuat Anda nyaman dan tenang.

5. Bersepeda
Bersepeda bisa menjadi opsi pilihan yang memperkuat tubuh bagian bawah dan juga bermanfaat bagi kesehatan jantung. Namun, dalam bersepeda juga harus hati-hati dan memperhatikan kemantapan setelan sadel serta pegangan sepeda supaya terhindar dari cedera panggul.

Nah, itulah sekilas penjelasan mengenai jenis-jenis olaharaga yang aman untuk lansia dan tentu bagi Anda yang memiliki sodara atau kakek dan nenek pahamilah penjelasan diatas untuk bisa Anda praktekan.